Friday, January 5, 2007

Welcome... Our Rowai....


Wuiihhh…. Senengnya… akhirnya bisa juga nih bikin blog tentang warna-warni kehidupan di Biro Kepegawaian dan Organisasi, Departemen Komunikasi dan Informatika, setelah sekian lama ngak bisa akses internet akibat pindah ruangan pasca pra jabatan dan Isnaldi, my very-very jutek-ngeselin friend (but baik hati … ehemm…ehemm… do not geer!), bermalas hati ngak mau nyetting jaringan… hmmm…. dasar pemalas!! He…hee.. sory loh Is, just kidding nih …. ngerti kok kenapa ngak diurusin tuh jaringan… maklum saat itu kan hari puasa Ramadhan sedunia jadi anti narik-narik kabel (takut haus yaaa masss…), lagi pula pasukan berkudanya pak Budi - Exindo belum datang …. jadi nanggung ya…. (but alhasil… poor Ocha tuh … ngak bisa chat ama Ucoknya deh!)

Oh ya, kayaknya ngak asyik deh (atau kurang sopan? hi..hii…) kalo saya ngomongin Biro Kepegawaian tetapi ngak melongok kedalamnya, ada apa ya?? Hmmm… Biro Kepegawaian ya? Nah lho … dua kata itu sering jadi bagian dari kalimat pertanyaan yang diajukan ke kami yang menghuni Biro Kepegawaian or disingkatnya jadi Rowai … ngapain coba kerja di bagian Kepegawaian? Lulusan komputer … lulusan ilmu komunikasi … ngapain nguprek di Kepegawaian?? Jawabannya adalah …aaduuh… ngak tahu ya, habis ditempatinnya di sana sih jadi diterima aja…he..he… engga deenggg… mungkin banyak alasan kenapa kami, 6 orang CPNS, oleh Ibu Sumarwati Meinara, Kepala Rowai, yang mengurusi para CPNS, ditempatin di Kepegawaian, udah gitu 4 orang dari kami berada dalam satu bagian and satu ruangan pula… padahal CPNS lain banyak yang ngak ngeriung di satu bagian and satu ruangan. Alhasil, kami, menurut pak Cecep, Kabag Pengembangan Kepegawaian (awas penampakan, Pak!), menjadi anak-anak CPNS Kepegawaian yang bandel-bandel, entah kenapa begitu, mungkin karena kami emang bandel, suka bercanda and ledek-ledekan sama petinggi kabag and kasubag di sana tanpa sungkan (halo pak Hipnu…. ampun pak…..!!!), saking deket and akrabnya… cieee… akrab nih… emang beneran akrab kok… Alhamdulillah, walau kadang masih suka ada sedikit kerikil-kerikil kecil mengganjal yang kami jumpai, tapi garis besarnya kami dapat memiliki suasana kerja yang wuiihhh… menyenangkan and pertemanan dengan bapak-bapak dan ibu-ibu di sana yang begitu indahnya …. (ngak gombal lohhh…. tapi berharap kenaikan pangkat kami dipercepat ya, Pak Hipnu…he…he…)

Biro Kepegawaian itu sendiri pada saat ini terdiri dari 4 bagian yaitu bagian Perencanaan, Pengembangan, Organisasi dan Tata Laksana (Ortala), dan Mutasi (hhhmmm… perasaan udah kayak Ocha yang ngetik Tupoksi – Tugas Pokok dan Fungsi – Unit Kerja barengan pak Cecep dehhh… chayo ya, Cha! For a while … forget Medan! We love you)

Bagian Perencanaan dipimpin oleh Pak Harno (jadi ingat petuah dan wewenang Bapak deh waktu ngasih SK CPNS ke para CPNS di Biro Kepegawaian, terharuuu….). Di Perencanaan ada 2 orang CPNS, arjuna lohh… still single (ehem … ada yang berminat?). Yang satu Orlando Maradona, biasa saya panggil Maradona, si tinggi yang gayanya slebor tapi asyik juga! Kalau berdiri atau jalan atau ngobrol ama dia, beneran deh saya capek ngedongak, abis doski tuh tinggi banget. Badan saya yang pendek gini serasa udah mirip pohon toge, kayaknya perlu naik bangku deh kalo mau ngomong ama dia… hee..hee… duuhhh… Maradona, saya jadi ingat deh waktu kita barengan ikut rapat arsip perkantoran, gimana perkembangannya nih? Diklatnya lancar kan …?? Sory ya, saya udah di cut, ngak ngikutin pengarsipan itu lagi. Good Luck, aja deh! Besides Maradona, arjuna yang satu lagi tuh Agung, si pendiam, hitam manis, tapi menghanyutkan (sungai kali…). Duh Gung, please deh, berhenti manggil saya ‘ibu’ donngg… saya emang udah emak-emak, tapi kayaknya kok jadi ngak akrab ya kalau kita ngobrol and dikau menyelinginya dengan memanggil saya ‘ibu’, lagian kan saya ngak tua-tua amat (ehem, memudakan diri nih!).

Setelah Perencanaan, ada Bagian Pengembangan yang dipimpin oleh Pak Cecep. Bapak yang satu ini masih bergaya muda dan cukup menyenangkan untuk diajak cela-mencela (maappp… ya, Pak!). Pak Cecep paling ngefans sama Isnaldi (nah lho?!), bentar-bentar muncul di ruangan terus …… “Is… bla…..bla…..bla…”, kalau enggak… entar ada pasukannya yang datang ke ruangan … trus … “Isnaldi, dipanggil Bapak” hee…hee… Tapi perlu diacungin jempol kalau “Bapak dan Anak” ini saling kompak and saling back-up dalam kerjaan… apalagi kalau udah ada yang mulai panikan pada suatu waktu… atau ada yang takut akan penampakan makhluk tertentu (ehem… siapa ya?). Great team! But, sebenarnya pak Cecep juga ngefans sama Ocha lohh… Kalau Isnaldi ngak ada or lagi sibuk, pasti Ocha yang jadi penggantinya Isnaldi dan kayaknya saat ini Pak Cecep udah ngasih pagar ke Ocha deh biar Ocha ngak kabur jadi Peneliti ke Medan (jangan cemberut dong, Cha!). Jadinya Ocha yang bingung sendiri, gimana caranya ya biar bisa kembali ke Medan dan bersatu kembali dengan Ucok? Cha, kata pak Cecep, Ucok mah banyak di Jakarta. Cari Ucok yang baru aja di Jakarta or Ucoknya aja suruh pindah ke Jakarta, bisnisnya pindahin ke sini, kan kalau Ucok di Jakarta entar Ocha bisa jadi bendahara keuangannya …bendahara …??? Haa..haa… Cha, kayaknya dikau di Rowai juga bakalan punya lemari besi untuk petty cash deh… mungkin entar barengan ama bu Yani ngurusnya. Good luck, dear … (dduhh… Ocha tambah cemberut aja deh!).

Oh ya, Pak Cecep paling sering mondar-mandir ke ruangan Ortala, kayaknya sih banyak urusan penting yang terjadi di sana (pastinya!). Bagian Ortala sendiri dipimpin oleh Ibu Nurhayati Sibuea yang bentar lagi katanya mau pensiun dan akan digantikan oleh Pak Darmawan. Pasukannya Bu Nurhayati banyak yang lucu-lucu, terutama Ibu Sudi dan Pak Udin. Bu Sudi suka menyimpan cemilan diantara tumpukan berkas (hi..hii.. waktu itu saya minta cemilannya, Bu… dikasih ama Pak Udin). Kalau Pak Udin… adduhhh… ngak ada kata-kata yang bisa dilontarkan dehhh… pokoknya “Tukul” banget…. suka ngebanyol. Ada yang menakjubkan dari Bu Sudi dan Pak Udin, mereka kayak anak kembar, punya ikatan bathin yang kuat. Jadi walau ngak pernah janjian, tapi mereka suka pakai baju yang seragam, kadang kuning-kuning, coklat-coklat, hijau-hijau, bahkan pink-pink. Aneh tapi nyata!

Pak Udin ini cukup seperti lokomotif berjalan, gerbongnya banyak, ada Isnaldi dan pak Hipnu…he..he… mereka bertiga suka jadi trio lokomotif, terutama kalau hari sudah sore dan menjelang pulang…addduhhhh…. asap rokoknya kemana-mana…uhukk…uhukk… Pak Udin paling sering main ke ruangan saya. Sekedar ngobrol, becanda, or ngerecokin orang-orang yang lagi makan cemilan…he…he.. Oh ya, saya bersama 3 orang CPNS lainnya, yaitu Ocha, Isnaldi dan Lesika, berada dalam satu bagian dan satu ruangan kerja. Kami berada di Bagian Mutasi, dengan Pak Sofyan Tandjung sebagai kepalanya, namun kami lebih tepatnya berada di sub bagian dari mutasi yaitu Sub Bagian Kepangkatan, dengan kasubagnya Pak Hipnu. Ruangan tempat kami kerja ada 3 bagian, ada ruangan filling, ruangan tengah tempat meja kerja dan ngumpulnya para anak buah Pak Hipnu, dan ruangan server komputer untuk SIPPEG (system informasinya kepegawaian).

Anak buahnya pak Hipnu tuh unik-unik banget. Ada bu Erna yang ngomongnya paling keras, ketawanya paling keras, dan hatinya paling keras untuk selalu mendengarkan lagu Jablai dan SMS tiap hari…. duuhhh…buuuu…. bossseeennnn….. Jablai melulu…. Sms melulu…. tolonnggg…..! Saking bosennya, Bu Pin, yang juga anak buahnya Pak Hipnu dan menjadi ibunya para anak buahnya Pak Hipnu yang lain, sering harus menutup pintu pembatas antara ruang tengah dan ruang filling biar si Jablai dan SMS tidak terdengar lagi, sambil ngedumel-dumel lucu (benci tapi cinta ya, Bu?). Oh ya, Bu Erna suka nyetel lagu-lagu tersebut di salah satu computer di ruangan filling. So, tiap hari hampir tidak pernah ada keakuran antara Bu Erna dan Pak Maryadi karena Pak Maryadi dan Bu Erna suka perang mulut akibat seringnya Pak Maryadi ngeledekin dan ngerjain Bu Erna saking mumetnya dia ngedengerin Jablai dan SMS tiap hari, apalagi Pak Maryadi bersama “zuma-zuma” dan “rantai-rantai” nya (hii..hii… ayo tebak apakah “zuma” dan “rantai” itu?) lebih sering berada di ruangan filling. Udah gitu Bu Erna suka banget neriakin dan nyerewetin Pak Maryadi kalau Pak Maryadi ngerokok dalam ruangan dan lupa nutup pintu keluar. Pokoknya Bu Erna dan Pak Maryadi udah kayak musuh bebuyutan deh. Tapi kalau Bu Erna enggak masuk, mendadak ruangan jadi sepi dan Pak Maryadi suka mengeluh sendiri saking sepinya karena engga ada teriakan suaranya Bu Erna (kangen ya, Pak…??? he…he…).

Selain Bu Erna, Pak Maryadi dan Bu Pin, anak buah pak Hipnu yang lainnya tuh ada Bu Yani, Bu Ita, Pak Murti, Pak Untung, Pak Tohir, Pak Wahyu, Pak Saludi, Pak Bambang dan Pak Pardi. Mereka penuh dengan keunikannya masing-masing.

Bu Yani adalah ibu yang paling rajin nguprek komputer, paling pegel kalau ngak ada kerjaan (dduhhh… ibu pekerja teladan deh!) dan paling lembut pula karena paling mudah untuk mengucurkan air mata kalau sedih dan ada masalah (dduuhhh…. yang sabar ya, Bu!). Bu Yani juga paling gemar makan, akibatnya…. wadduhhh…. stop bu…. diet….diet … (hi..hii… kayak saya sendiri kurus aja, padahal saya juga mesti diet, jadi malu deh!).

Pak Untung dan Pak Tohir punya kebiasaan yang hampir sama seperti pak Maryadi, suka ngerjain Bu Erna! Pak Tohir suka ngilangin lagu Jablai dan Sms dari komputer, akibatnya bu Erna suka ngomel-ngomel karena lagunya hilang dan mesti ngegiring Isnaldi ke komputer di mana lagu tersebut biasa distel untuk melakukan pencarian (kayak polisi aja!) dan mensetting lagu tersebut kembali. Sedangkan Pak Untung suka ngerjain Bu Erna dengan cerita-cerita nakalnya, namun bedanya, apa yang dilakukan Pak Untung bukannya ngebuat Bu Erna ngedumel, malah membuat dia tertawa terbahak-bahak. Duhh… kalau Bu Erna udah ketawa…. ammmpunnn…. deehhh…. kedengeran dengan kerasnya sampai ke ruangan server, padahal bu Erna ketawanya di ruangan filling loohh…..

Pak Murti mirip kayak Bu Yani, pekerja keras dan rajin banget. Satu hal yang menakjubkan buat saya, mimic muka Pak Murti polos banget, seperti orang tanpa perasaan…. eeiiitt… bukan tanpa perasaan karena kejamnya, tapi tanpa perasaan saking ngak ada ekspresinya, jadi walaupun seneng, sedih atau sebel, ekspresi mukanya datar banget. Tapi Pak Murti baik hati banget, kalau saya nanya sesuatu pasti dia akan berusaha menjawab atau mencarikan jawaban yang akan membuat saya puas atau membuat saya tenang. Thank a lot, Pak! Lain Pak Murti lain pula Bu Ita. Kalau Pak Murti tanpa ekspresi, maka Bu Ita penuh dengan sejuta ekspresi. Apalagi kalau dia cerita soal bunga, makanan, baju, tanah abang, padang, sampai bringhardjo nya Yogya! Wuiihhh…. lucu nian. Karenanya Pak Hipnu getol banget ngeledekin dan bercanda sama Bu Ita. Nyambung aja gitu! Bu Ita tuh asalnya dari Padang, dan entah kenapa Pak Untung suka memanggilnya dengan “Habibah”, mungkin karena Bu Ita ini tipikal ibu-ibu banget yang gemar belanja dan gemar nganterin atau minta dianterin belanja. Bu Pin adalah pasangan setia belanjanya Bu Ita. Mereka gemar banget berekreasi ke Tanah Abang, apalagi Tanah Abang ngak jauh dari kantor, tinggal naik bajaj, bayar 5000 perak, nyampe deh!

Nah… itu tuh bapak-bapak dan ibu-ibu pasukannya pak Hipnu… kalau yang masih muda tuh (dee… saya serasa masih muda aja padahal udah emak-emak juga!) berkutat di ruangan server. Ada Isnaldi, yang paling ganteng, soalnya dikelilingi dengan 3 cewek di ruangan tersebut. Dia nih punya ciri khas kalau ngomong cepet banget, jadi mesti focus kalau ngomong sama dia…he..he.. Saya paling sering berantem sama dia. Kapan aja suka perang mulut ama dia… tapi perang-perangan lohhh….mau ngomel-ngomel, mau ketus-ketusan sama dia, dia nya sih cuek aja, soalnya kalau saya ngomel, kebanyakan dia ngak peduli, so saya nya makin ngomel deh. Tapi enaknya sama dia saya bisa jujur, kalau marah ya marah, kalau sebel ya sebel, tapi habis itu ya udah… that’s it…pertemanan continue lagi… good friend for me deehh…. Terus ada Ocha.. waaahh… kalau Ocha yang saya pahami bahwa dia gemar di foto …he…he… cita-citanya pingin jadi foto model…he…he…engga deenggg… pokoknya Ocha nih paling komunikatif banget, cocok deh sama lulusannya sebagai sarjana komunikasi. Jadi ingat waktu di Yogya, kita sekamar, dan dari mulai jam 9 malam sampai ngak terasa jam 1 malam, kerjaan kita ngobrroolll … aja, cerita-cerita sampai ketawa-ketawa… alhasil besoknya mesti diteriakin sama bu Yani supaya bangun karena sampai shubuh saya ngak bangun-bangun saking ngantuknya… thanks Bu, so saya ngak ketinggalan Shubuh deh! Dan yang terakhir adalah Lesika, paling muda diantara kita dan ehem… paling bawel …he..he.. Dia baru aja ngelahirin anak pertamanya, laki-laki. Selamat ya, Les! Semoga jadi ibu yang baik deehhh….

Well, kayaknya segitu deh sekelumit ruangan biro kepegawaian dan orang-orang didalamnya. Beraneka ragam, warna-warni, rupa-rupa, dan pastinya merupakan bagian dari kehidupan kita yang berada didalamnya. Dan segala bagian dari kehidupan itu kalau diterima dengan ikhlas pasti akan membuat hidup kita menjadi indah karena sesungguhnya hidup itu sendiri adalah sangat indah…ceeiiiee… puitis banget deh ah!

2 comments:

oktography said...

Mba Riniiiiiiiiiiii
hiks....hiks....hiks.....
aku jadi kuangen sama suasana disana
ceritanya "REAL" banget
kapan ya bisa kumpul kumpul
Sayang sih aku punya penyakit homesick yang parah
Kalo gak kan keceriaan di Rowai bisa tetap terus aku nikmati
ROWAI....miss you so much

Dari Oca
Yang udah mutasi ke Medan

Unyit said...

Ocha... kangen juga ama Ocha disini.. hu..hu... kalo ada ocha pasti lebih rame lagi... abisnya di ruangan dah rame tapi masih aja dibilang autis ama pak cecep..hi..hi.. iya nih sedih ocha pergi ke medan... gak ada temen jalan2 lagi and makan di BSG...hu..hu...